skip to Main Content
Nilai Tukar IDR ( Indonesia Rupiah ) Menguat Di Angka 14.801

Nilai tukar IDR ( Indonesia Rupiah ) menguat di angka 14.801

Mengutip Bloomberg, Jumat (14/9/2018), IDR dibuka di angka 14.801 per dolar AS, rupiah menguat bila dibanding dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.840 per dolar AS.

Berbeda, berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), IDR dipatok di angka 14.835 per dolar AS. Patokan pada hari ini melemah jika dibandingan dengan Kamis kemarin yang ada di angka 14.795 per dolar AS.

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga menjelaskan, kelegaan terasa di berbagai pasar finansial karena AS mengajukan negosiasi dagang baru dengan China.

Walaupun rupiah dapat semakin menguat di jangka pendek, namun peningkatannya tetap terancam oleh berbagai faktor eksternal.

Bank Indonesia sudah meningkatkan suku bunga empat kali sejak pertengahan Mei sebagai upaya untuk mencegah rupiah semakin melemah. Dan ada kemungkinan bahwa BI akan bertindak lagi tahun ini, terutama mengingat bahwa AS masih mungkin meningkatkan suku bunga hingga dua kali lagi.

Pemerintah dalam Rancangan Undang Undang APBN menargetkan nilai tukar rupiah di angka Rp 14.400 per dolar AS. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pun mempertanyakan dasar pengambilan keputusan ini agar kemudian dapat ditetapkan dalam undang-undang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top