skip to Main Content
Yuk,kenali Money Changer Resmi Atau Berizin

yuk,kenali money changer resmi atau berizin

Money Changer Resmi

    dan Berizin terdapat nomer perizinan

Bank Indonesia mewajibkan kepada KUPVA BB atau Money Changer, wajib mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Ciri-ciri yang memiliki izin itu adalah yang memiliki tanda izin dari Bank Indonesia dalam bentuk stiker, kemudian nomor suratnya dan yang tidak kalah penting adalah mereka wajib mencantumkan rate jual dan beli dari mata uang yang bersangkutan.

Hal itu dilakukan guna memastikan bahwa money changer tidak melakukan kegiatan seperti pencucian uang dan mengantisipasi peredaran uang palsu ataupun kegiatan yang berkaitan dengan terorisme.

 

Bank Indonesia (BI) menganjurkan masyarakat agar menukarkan valuta asing di kegiatan usaha penukaran valuta asing bukan bank (Kupva BB) atau money changer yang berizin. Transkasi di money changer tak berizin sering kali menjadi sasaran untuk tindak pindana pencucian uang hingga terorisme.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eny V Panggabean mengatakan, ada sejumlah tanda yang bisa diperhatikan masyarakat dalam memilih money changer. Pertama, money changer berizin akan dibekali dengan nomor perizinan dari bank sentral. “Saat ini ada sebanyak 1.069 Kupva BB yang terdaftar dan mengantongi izin dari BI. Kupva BB berizin dilengkapi dengan nomor registrasi khusus,” ujarnya, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2017.

Sayangnya beberapa money changer didapati memalsukan perizinan dari BI. Maka dari itu BI berencana melengkapi perizinan yang diberikan dengan QR Code.

Adapun ciri ciri lain yaitu ;
1. Memiliki sertifikat asli dari Bank Indonesia yang di pajang di ruang transaksinya. Seperti gambar dibawah ini. (Alamat yang tercantum harus sama dengan alamat dimana berada)
2. Memiliki logo hologram Bank Indonesia yang dipajang di ruang transaksinya

  1. Memajang Surat Keterangan Tempat Usaha yang ditandatangani Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat
  2. Memajang Piagam Anggota Asosiasi Pedagang Valuta Asing yang dikeluarkan oleh Pengurus Asosiasi Pedagang Valuta Asing Bali.

Itulah beberapa ciri dari money changer resmi atau berizin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top